Nissan Evalia
yaitu mobil keluarga dari Nissan yang mengusung konsep mobil boxy seperti
Suzuki APV dan Daihatsu Luxio. Kendaraan yang kami ulasan kali ini yaitu ragam
SV atau ragam middle karena Evalia masih memiliki ragam yang lebih tinggi
dengan nama XV. Variasi SV ini sengaja kami pilih karena memiliki harga yang
lebih terjangkau dan mendekati kompetitor. Dibandingkan dengan mobil-mobil van
keluarga sekelasnya, Nissan Evalia memiliki wujud eksterior depan yang
betul-betul indah dan dinamis. Dengan bonet yang panjang dan landai, skor
hambatan angin yang dihasilkan juga paling rendah dengan skor 0.31, padahal
mobil ini memiliki desain yang benar-benar boxy dan besar.
Sayangnya kecantikan desain eksterior depan Nissan Evalia tak berlanjut ke komponen
belakang. Desain belakang mobil ini sepertinya tak di desain dengan serius dan
terkesan sekedarnya. Disini menonjol bahwa Nissan masih menyisakan PR yang
cukup besar pada Nissan Evalia.
Masuk ke dalam interior Nissan
Evalia, rasanya ekspektasi desain awal akan mobil ini dari luar segera
berubah drastis. Jangan berkeinginan Nissan Evalia akan diberikan desain
dashboard dan interior yang mewah seperti Nissan Grand Livina. Dashboard Nissan
Evalia justru dihasilkan lebih terhadap fleksibilitas dibandingkan kemewahan,
makanya banyak kita dapatkan tempat penyimpanan barang dan cup holder. Jikalau
soal kemewahan, kami justru lebih menyukai dashboard kompetitor.
Untungnya komponen dalam mobil Nissan Evalia ini memiliki desain interior yang betul-betul luas,
kita tak akan menemukan ruang headroom dan legroom yang mentok sana-sini, mulai
dari bangku baris pertama sampai terakhir. Sayangnya bangku komponen tengah tak
bisa digeser dan dilipat untuk masuk ke dalam komponen belakang. Di Nissan
Evalia pertama, mobil ini tak dilengkapi dengan AC double blower seperti mobil
kebanyakan yang diletakan diatas plafon, untuk mobil ini AC double blower
diletakan di komponen dinding belakang seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi
Pajero Sport generasi pertama. Melainkan di India, Nissan Evalia facelift sudah
memiliki AC double blower yang diletakan di atas plafon.
Sedangkan letak mesin Nissan
Evalia ada di depan, bukan berarti Nissan Evalia memiliki platform lantai
yang lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor. Kendaraan ini masih memiliki
lantai yang tinggi dikala kita masuk ke dalam, pada pintu depan mobil ini
menonjol sekali tinggi melewati posisi duduk pengemudi dan two step entrance.
Sedangkan pada bangku tengah menerapkan contoh one step. Sayangnya pada
komponen pintu tengah agak sedikit susah bagi si kecil kecil untuk naik dan
turun karena tak menerapkan contoh two step seperti kompetitor. Pada komponen bagasi belakang, Nissan
memberikan ruang bagasi paling luas di kelasnya, mekanisme lipat bangku belakang
yang mirip Kijang Innova, menjadikan ruang bagasi yang lebih besar dan sesuai
untuk membawa barang bawaan yang panjang, seperti sepeda maupun lemari kecil.
Nissan Evalia
memiliki fitur yang cukup unik untuk mobil sekelasnya. Khusus untuk Nissan
Evalia ragam XV yang sudah dilengkapi dengan MID (Multi Information Display)
berwarna dengan rear parking camera. Nissan Evalia XV juga memiliki rear
monitor untuk Kaca Entertainment penumpang belakang. Nah di Nissan Evalia SV
ini tak dilengkapi dengan fitur tak, tetapi untungnya mobil ini diberikan bonus
head unit Caska double din touchscreen diberikan dengan GPS navigasi, head unit
ini cukup menghibur padahal padahal mutu tak tak spektakuler.
Soal keamanan, Nissan
Evalia sudah dilengkapi pengereman dengan teknologi ABS, EBD dan BA di
sudah ragam. Airbag ragam tersedia pada ragam XV dan terbatas pada komponen
pengemudi saja. Dan parking sensor ragam tersedia pada ragam XV saja. Nissan
Evalia XV juga sudah dilengkapi dengan I-key System. Fitur paling mencolok
untuk pengemudi ada pada speedometer yang memiliki MID besar pada komponen
kanannya. Bentuknya formatnya saja, tak tak spesial, tetapi betul-betul
informatif dan unik karena diberikan dengan komplit penting dan alert system.
Alert system ini juga bisa di setting bisa dengan sesuai kita dan merekam
kemauan seluruh perjalanan mulai dari rinci waktu perjalanan, konsumsi bahan
bakar sampai kapan waktu service.
Nissan Evalia
dibekali dengan mesin yang sama seperti Nissan Grand Livina dan Nissan Juke,
sampai mesin dengan kode HR15DE 1.500 cc dengan output yaitu sebesar 109
Pintar. Uniknya Nissan Evalia yaitu satu-satunya mobil dengan mobil roda depan
di kelasnya. Umumnya sebuah mobil van besar menerapkan mobil roda belakang.
Kerja ini dikarenakan Nissan Evalia mengutamakan efisiensi bahan bakar dan penggerak
performa and go dibandingkan kapabilitas dibandingkan medan berat. Melainkan
mesin 1.500 cc Nissan Evalia 11-12 dengan Nissan Grand Livina, padahal
tarikannya tak mungkin menyamai Grand Livina lantaran bodi yang kelewat besar,
tetapi tak untuk mencapai 100 Km/jam tak tak susah dan betul-betul ringan. Maka
pada putaran bawah, mobil ini terasa kurang bertenaga. dari itu untuk berakselerasi dari karenanya
situasi, mobil ini agak terganggu dan mobil Rpm 4.000 baru terasa yaitu
aslinya.
Sayangnya mesin Nissan
Evalia ini dikala di gas, mutu mesinnya masih terdengar ke dalam ruang
kabin depan, tetapi masih lebih kedap dibandingkan dengan mutu mesin kompetitor
yang diletakan dibagian bawah penumpang depan. Asiknya, karena mesin diletakan
di depan, kita tak akan tersiksa dengan panasnya komponen mesin ke komponen
betis penumpang depan. Soal efisiensi bahan bakar, kita tak perlu lagi tak
dengan mesin Nissan Evalia, dari layar MID, tak susah untuk meraih konsumsi BBM
diatas 10 Km/liter, mobil ini cukup irit mobil padahal menanggung seharusnya
bodinya yang besar.
No comments:
Post a Comment